Minggu, 31 Mei 2009

Selamat Ulang Tahun, Rajut Kerjasama Tribune Institute, Untan dan Bonn University


Bermula dari tulisan bergerak menjadi kenyataan. Itulah rangkaian indah kerjasama antara lembaga nirlaba Tribune Institute di bidang kepenulisan dengan Universitas Tanjungpura serta Bonn University, Jerman.
Dosen Bahasa Indonesia di Program Studi Asia, Yanti Mirdayanti, MA bersama Dr Oliver Pye mengirimkan mahasiswa-mahasiswi untuk internship programe di Harian Borneo Tribune dan Tribune Institute. Pada 1 Oktoebr telah dikirim Dorina Luise Schulte disusul kemudian dengan Sina Gil Waldelich, Mathias Waldmayer, Christian Stegmann dan Stephani Jung.
Kehadiran peserta magang di tingkatan strata 1 dan 2 ini memberikan kontribusi yang besar dalam lintas bahasa, kebudayaan, dan pendidikan. Universitas Tanjungpura membuka diri untuk kerjasama di bidang pendidikan dan kebudayaan serta disambut positif oleh Program Studi Asia, Bonn University, Jerman.
Pertemuan demi pertemuan digagas. Tidak hanya di Untan, tetapi juga di Bappeda, Borneo Tribune dan Tribune Institute. Hubungan kerjasama juga digagas bersama sejumlah stakeholder maupun NGO’s yang kredibel.
Pada saat penandatanganan MoU Tripartit sekaligus digelar Seminar Internasional menyoal Bio Energi. Tampil antara lain Ketua Pusat Studi Asia Bonn University, Dr Oliver Pye didampingi Yanti Mirdayanti, MA, Kepala Bappeda Kalbar Ir H Fathan A Rasyid, Dekan Fakultas MIPA Dr Thamrin Usman, DEA, Ketua Pusat Studi Energi Dr Ir Ismail Yusuf, dan Pemred Harian Borneo Tribune, H Nur Iskandar, SP.
Hubungan kerjasama ini telah dilembagakan dengan penandatanganan piagam kerjasama yang difasilitasi International Office. Intinya adalah kerjasama di bidang pendidikan, kebudayaan dan riset-riset ilmiah. Penandatanganan MoU diwakili untuk Bonn University, Dr Oliver Pye, Purek IV Bidang Kerjasama Ir H Iqbal Djayadi, MT, dan Ketua Tribune Institute, Dwi Syafriyanti, SH, MH.
Hubungan pendidikan dan kebudayaan ini terus berjalan dan akan ditingkatkan ke Jerman. “Kita berharap tidak hanya mahasiswa dan mahasiswi Jerman yang datang ke Kalbar, tetapi juga kita dari Kalbar mengirim ke Jerman,” ungkap Kepala Bappeda Kalbar Ir H Fathan A Rasyid. Pendapat serupa disampaikan Rektor Prof Dr H Chairil Effendy saat menerima Oliver Pye di ruang kerjanya.
Hubungan kerjasama internasional terus dijalankan lembaga tripartit di atas. Bahkan di dalam Hut Emas Untan juga ditingkatkan kerjasama antara ketiga lembaga tersebut.
Stephani Jung dari Bonn University dan Borneo Tribune juga tampil di dalam Konvensi Internasional. Pada kesempatan itu juga dilibatkan para pihak dari Kanada, Belanda dan Amerika Serikat. “Kami tentu saja bangga dengan adanya kerjasama seperti ini. Kita harus menjalin kemitraan sebagai sesama warga bangsa,” kata Ketua Panitia Konvensi Internasional, Prof Redatin Parwadi.
Setakat ini seluruh kegiatan berjalan sukses. “Kami akan segera mengirim peneliti untuk proyek reklamasi Sungai Kapuas,” ungkap Oliver Pye menyusul kepulangannya ke Bonn, Jerman.
Kerjasama semakin erat di Bulan Mei karena merupakan hari jadi ketiga lembaga. Tepatnya Borneo Tribune dan Tribune Institute yang berulangtahun kedua (19 Mei) dan Untan dengan Hut Emasnya (20 Mei 1959-19 Mei 2009). Dan atas kerjasama yang berlangsung selama ini semoga dapat terus ditingkatkan. Dan tentu saja: selamat ulang tahun...


Narasi dan Foto: Nur Iskandar





0 comments: