Minggu, 31 Mei 2009

Kata-kata Baru



Nada semakin menggemaskan. Kini dia berusia 19 bulan. Sudah lincah berjalan, bahkan berlari serta melompat-lompat untuk naik ke pundak ayahnya. Tak urung saat pulang kantor dan membuka pintu dia sudah tahu serta reflek berteriak, "Papa. Papaaa..."
Biasanya Nada segera menuju ke arah pintu. Ia teruskan memanggil-manggil papa, papa. Kerap kali saking gembiranya ia berteriak-teriak girang, "Papa! Papaa!"
Cape seharian bekerja segera luluh melihat si mungil nan lucu ini. Mata bundarnya semakin menggemaskan. Pipi tembemnya memantik tangan untuk menjawilnya. Reflek saya sambut lari-lari kecilnya dan segera menggendong, mencium dan mengajaknya bincang-bincang.
Memang anak usia Nada belum banyak berkata-kata. Tapi pengalaman saya membesarkan kakaknya, Ocha, anak-anak sejak dini diajak berkomunikasi akan mampu menangkap pesan. Minimal mengangguk, menggeleng, senyum, atau istimewanya menjawab kata-kata yang diajukan. Sebut misalnya Nada mengulang kata SMS saat saya mengajaknya bicara soal, "Jangan ganggu papa dulu nak, sekarang papa lagi membalas SMS. Balasan SMS ini penting karena papa bekerja di pers." Nada menjawab, "Es em es," dengan intonasi yang mengeduk-eduk hatiku. "Nak, papa bangga padamu. Kamu cerdas. Cepat menangkap kata-kata baru. Kelak papa akan ajari bahwa SMS itu artinya short message service. Bahasa Orang Puteh yang artinya pesan layanan singkat."
Nada juga sudah berani berkomunikasi dengan Stefani Jung, peserta internship programe asal Bonn University, Jerman yang selama magang stay di Meranti Indah D18. "Stefi, Stefi..." katanya mengajak dialog. Stefi pun tak jarang mengajaknya berkomunikasi. Mengajaknya dolanan. Menggendong si kecil Nada. Stefi belajar Bahasa Indonesia, Nada belajar bahasa Inggris dan Jerman. Ha ha ha.
Ya, semoga Nada dan Ocha sejak kecil sudah biasa gaul dengan bule-bule. Mampu menguasai bahasa asing. Masuk komunitas internasional sejak dini. Wawasan dan pergaulan luas tidak akan ada ruginya. Apalagi jika dibekali dengan iman yang kuat. Insya Allah, sukses dunia-akhirat. Amiin.



0 comments: