Sabtu, 13 Desember 2008

Hasta la Victoria Siempre


Apa arti Hasta la Victoria Siempre? Ekoz Guevara dalam blog-nya menuliskan, “Kalo pada orang Balikpapan ato etnis Banjar aku cuman bilang itu artinya Gawi Manuntung Waja Sampai ka Puting...seperti sesanti Kodam Tanjungpura ...kalo ..Orang Jawa aku bilang...Rawe-Rawe Rantas Malang-Malang Putung...yah memang arti harfiahnya adalah berjuang sampai tujuan kita tercapai..."
Lantas apa tujuan dari Borneo Tribune terbit setiap hari? Menyapa pembaca di Kalbar pada khususnya, termasuk dunia pada umumnya melalui gelar informasi via internet?
Tak gampang menjawab masalah tujuan tersebut. UU Pers menyebutkan tiga fungsi azasi, yakni untuk menyajikan informasi, edukasi dan entertein. Tetapi tidak seringkas itu Bung. Bagi Borneo Tribune, tujuan yang hendak dicapai dirumuskan menjadi visi/vision. Visi itu tak sekedar jargon. Jargon, semboyan atau motto seperti idealisme, keberagaman dan kebersamaan maknanya adalah penyemangat. Adapun tujuan adalah sesuatu yang lebih besar dan mondial untuk dicapai.
Demi menjawab ke mana Borneo Tribune melangkah dan ke mana Borneo Tribune akan menuju kami tak gegabah. Kami merumuskan jawabannya dengan menggelar workshop khusus. Workshop itu sekaligus mensyukuri kemenangan lelang sebagai koran provinsi.
Hasil workshop yang diikuti para karyawan-karyawati, wartawan-wartawati, serta pihak owner tersebut melahirkan tiga kata sebagai tujuan penerbitan Borneo Tribune, yakni menjadi Inspirasi Peradaban Borneo.
Lantas apakah sekarang Borneo Tribune sudah menjadi inspirator bagi peradaban Borneo? Belum. Belum. Masih jauh. Tetapi kami akan menempuhnya dengan melakukan persiapan, perbaikan demi perbaikan sampai tujuan tercapai. Hasta la Victoria Siempre.
Karena sulit untuk mengakui kami sudah memulai langkah seperti kalimat Hasta la Victoria Siempre, karya The Lost Generation yang pernah dimuat Borneo Tribune menjadi sekedar bukti. Bahwa naskah tersebut telah dua kali menjadi pemenang tingkat nasional sekaligus mengharumkan nama Kalbar pada khususnya dan Borneo pada umumnya.
Kendati award sudah datang ke Borneo Tribune, tapi tujuan belum lagi sampai. Hasta la Victoria Siempre. Gawi Manuntung Waja Sampai ka Puting






0 comments: