Jumat, 26 September 2008

Lelang Iklan Provinsi Diikuti 7 Media

Transparansi proyek pemerintah diwujudkan dengan mengumumkan jenis kegiatan proyek, nilai nominal maupun lembaga pemilik proyek kepada media. Media cetak yang berhak mendapatkannya adalah yang memenuhi syarat telah berada di seluruh daerah satu provinsi, terbit harian, dan telah berumur lebih dari satu tahun.
Pada tahun 2008-2009 terdapat 8 media cetak di Kalbar yang mengikuti lelang iklan provinsi. Ke-8 media itu sesuai abjad adalah Berkat, Borneo Tribune, Equator, Kapuas Post, Mediator, Media Kalbar, Pontianak Post dan Pontianak Metro.
Pada saat enwejzing atau pertemuan penjelasan, Jumat (12/9) seluruh pimpinan atau perwakilan media hadir di Aula Kantor BKIKD Provinsi Kalbar. Pertemuan tidak seperti enweijzing lelang kontruksi yang cenderung keras, di sini sangat diplomatik dan demokratis.
Para pimpinan media tampak akur dan saling bercanda prihal metode, syarat, maupun hal-hal teknis sehingga pertemuan berjalan penuh keakraban. “Proses enweijzing seperti itu patut diekspose karena demokratisnya,” ungkap Pemimpin Redaksi Berkat, Werry Syahrial.
Ketua Panitia Lelang, Drs Musa Tulak Layuk, M.Si didampingi anggota panitia yang duduk di bagian depan tersenyum lebar. “Ya, kami juga bekerja sesuai dengan SK dan aturan yang berlaku,” katanya.
Kesepakatan yang dicantumkan dalam addendum menyebutkan tiras minimal 3.500 eksemplar dan tersebar minimal di 12 kabupaten kota dari 14 kabupaten kota yang ada di Kalbar. Kesepakatan itu dicapai karena Kayong Utara dan Kubu Raya tergolong baru mekar dari kabupaten induknya.
Seminggu usai enweijzing tiba saatnya pembukaan lelang secara resmi. Kali ini yang mendaftar dengan menyerahkan berkas tepat waktu hanya 7 media. Pontianak Metro gugur.
Kondisi penawaran yang dibuka juga berjalan transparan dan demokratis dipimpin Musa Tulak Layuk disaksikan peserta lelang, serta diliput pula oleh TVRI Kota Pontianak.
Semua syarat dan ketentuan dibuka satu per satu. Hasilnya semua mata awak media melihat lebih dan kurangnya masing-masing.
Bisik-bisik pembicaraan di luar ruang penawaran, para pimpinan media semua berharap bisa memenangkan proyek iklan lelang provinsi ini sebagai wujud partisipasi mentransparansikan proyek-proyek pemerintah sesuai aturan hukum. “Sesuai SK yang kami terima, dari 7 media yang mengikuti lelang akan dipilih 3 yang memenuhi syarat administratif. Selanjutnya prerogatif gubernur untuk menentukan pemenangnya,” kata Tulak Layuk di akhir pertemuan.



0 comments: