Selasa, 12 Mei 2009

Pemerintah Australia Tawarkan Beasiswa



Kantor Redaksi Borneo Tribune, mendapatkan tamu istimewa dari Departemen Pendidikan Kedutaan Besar Australia, Siska Wiliyhana, untuk menawarkan program beasiswa S2 dan S3, Selasa (12/5).
Siska ditemui langsung Pemimpin Redaksi Borneo Tribune, Nur Iskandar. Dalam kunjungannya tersebut, ia mengatakan Pemerintah Australia membuka kembali kesempatan beasiswa untuk tahun ajaran 2010/2011.
Ia menjelaskan dalam kunjungan kerja ini, Departemen Pendidikan Kedutaan Besar Australia, akan melakukan berbagai kegiatan. Diantaranya, kunjungan ke beberapa instansi pemerintahan. Seperti, kantor gubernur dan walikota, kantor-kantor dinas, serta beberapa universitas di Pontianak.
“Hal ini dimaksudkan, agar seluruh masyarakat di Provinsi Kalimantan Barat, dan khususnya Kota Pontianak, dapat memanfaatkan kesempatan yang baik ini, dan bersama-sama meningkatkan pembangunan di Kalbar, melalui bidang pendidikan,” katanya.
Seminar umum pendidikan dan beasiswa Australia akan diselenggarakan, Kamis (14/5) pukul 16.00 hingga selesai di Auditorium Untan, Jalan Ahmad Yani Pontianak.
Ia memaparkan seminar ini tidak dipungut biaya, dan terbuka untuk masyarakat umum di seluruh Pontianak dan Kalbar. Seminar akan membahas pendidikan di Australia, serta kesempatan beasiswa melalui Australian Scholarships.
Australian Scholarship merupakan sebuah inisiatif dari Pemerintah Australia, yang mencerminkan komitmen jangka panjang terhadap pembangunan pendidikan dan profesionalisme di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia.
Bentuk beasiswa dari Pemerintah Australia, terbagi dalam Australian Development Scholarships (ADS), Australian Leadership Awards (ALA) dan Endeavour Awards.
Siska mengatakan, salah satu beasiswa yang akan dikupas secara lengkap adalah Australian Development Scholarship (ADS) yang memiliki tujuan utama, meningkatkan kemampuan dan kualitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia, melalui pemberian beasiswa studi pasca sarjana (S2 dan S3) di universitas-universitas di Australia. Sebanyak 300 beasiswa ditawarkan untuk periode 2010/2011.
“Beasiswa ADS terbuka bagi seluruh warga Negara Indonesia yang telah menyelesaikan pendidikan minimal S1,” katanya.
Persyaratannya adalah, memiliki Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) minimal 2,9 (skala maksimal 4) dan institusinal TOEFL minimal 500, atau IELTS 5,0 atau Internasional TOEFL 170. Pendaftaran akan dibuka 15 Juni 2009, dan ditutup 4 September 2009.
Beasiswa ADS mencakup biaya pendidikan, biaya hidup, biaya perjalanan, asuransi kesehatan, pelatihan Bahasa Inggris, serta biaya-biaya lainnya, yang dibutuhkan selama menempuh studi di Australia.
“Selain beasiswa ADS, dalam sesi informasi ini juga, akan dibahas mengenai kedua beasiswa lainnya, yaitu Australian Development Scholarship dan Endeavour Awards.
Informasi lebih lanjut bisa menghubungi Siska Wiliyhana, MBA di nomor (021) 5229675 atau website www.adsindonesia.or.id dan www.austalianscholarships.gov.au. (Aulia Marti)




0 comments: