Kamis, 08 November 2007

POLWAN CANTIK DISIAGAKAN DI PILGUB

Polda Kalbar berpikir untuk mengikuti jejak Pilgub di Sulawesi Selatan. Di Sulsel sedikitnya 30 orang anggota Polisi Wanita (Polwan) berparas cantik disiagakan di KPUD terkait perhitungan suara di pemilihan gubernur di sana.

Mereka itu adalah tim negosiasi yang dilatih dan ditugaskan secara khusus untuk melakukan pendekatan kepada massa yang berdemo di Kantor KPUD Sulsel terkait hasil Pilkada yang digelar Senin (5/11).

"Kita bentuk tim ini ketika suasana memanas antarpendukung masing-masing kandidat mencuat. Tim negosiator inilah yang akan mendinginkan suasana bila ada ketegangan di kantor itu," kata Kapolwiltabes Makassar, Kombes Pol Genot Haryanto kepada Kantor Berita Antara di Makassar, Selasa malam.

Sementara untuk pengamanan di KPUD Sulsel itu, kata Genot, telah ditingkatkan dengan melibatkan anggota Brimob, Polisi Air, Perintis maupun Reserse dan Intel.

Mereka akan mengawal dan mengamankan baik kotak suara yang dikirim dari PPS menuju PPK kemudian dari PPK menuju KPUD kota/kabupaten hingga ke KPU Provinsi.

Kapolwil menyatakan akan menambah personil bila situasi di lapangan membutuhkan, namun hingga saat ini, situasi masih tetap kondusif.

"Situasi saat ini saya lihat masih kondusif, belum terlihat ada gejolak yang berarti sehingga personil yang ada di lapangan saat ini dianggap masih cukup," katanya.

Polwiltabes Makassar saat ini telah menyiagakan sebuah mobil penjinak bahan peledak dan water-canon di KPUD Sulsel untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sementara itu Kapolda Kalbar Brigjen Pol Drs Zainal Abidin Ishak menilai Pilgub Kalbar sejurus waktu ini aman dan terkendali. “Kita terus siaga mengikuti proses kampanye yang sekarang ini sedang berlangsung,” ungkapnya.

Kapolda berharap semua pihak bisa menjadi polisi bagi dirinya sendiri. Artinya selalu siap siaga, melaporkan segala tindak mencurigakan demi keamanan masyarakat luas. “Kami aparat kepolisian siaga 24 jam. Jika ada tindak-tanduk mencurigakan segera lapor ke kepolisian terdekat,” imbuhnya. ■



0 comments: