Minggu, 09 September 2007

Semarak Ramadan di Kampus

Universitas Tanjungpura sebagai kampus negeri terbesar di Kalbar tak luput dari aktivitas menyambut dan mengisi bulan Ramadan. Mahasiswa dan dosen punya aktivitas yang meningkat di bulan yang penuh berkah, rahmat dan ampunan ini.
Rektor Untan Dr H Chairil Efendi, MS menyatakan bahwa kegiatan-kegiatan kampus sebagian bersifat otonom. Mulai dari fakultas hingga himpunan-himpunan jurusan. “Jenis kegiatannya tak terhitung. Mulai dari buka puasa bersama, pelatihan-pelatihan hingga dialog-dialog Ramadan,” ungkapnya.
Kegiatan yang bersifat lintas fakultas juga digelar. “Tentu di tingkat universitas,” ungkapnya seraya menyebut acara buka puasa bersama disertai siraman ruhani serta dialog yang dialogis.
Aktivitas yang bersifat melatih enterpreneurship juga digalakkan. Tepatnya pasar juadah kampus. “Hal ini dikelola oleh mahasiswa,” imbuhnya dengan garis besar tidak melanggar ketentuan hukum yang berlaku. Tepatnya seiring larangan Pemkot soal adanya pasar juadah di pinggir Bundaran Untan.
Badan Kerohanian Mahasiswa Islam (BKMI) Untan juga menggalang kerjasama dengan parapihak dalam menggelar even. Pada 9 September akan dihelat Tahrib Ramadan berpusat di Masjid Muhtadin. Akan tampil Ustadz Faridz Nu’man yang juga alumni UI-Jakarta. Ustadz Faridz juga adalah penulis buku Ikhwanul Muslimin Anugerah Allah yang Terzalimi.
Dalam bidang seni juga dihelat Senandung Ramadan. Kegiatan ini berupa konser tim nasyid terbaik di Kota Pontianak. Akan tampil Sahara, LQ, Alqaeda, Intifada, Tazki, Al Ikhwan, dan Zaskarind. Konser akan dilengkapi dengan juara nasyid nasional asal Pontianak, Al Asyraf. Acara ini akan digelar 11 September pukul 19.30 di 9-Cafe. □


0 comments: