Minggu, 09 September 2007

Masjid Raya Mujahidin Gelar 17 Agenda Ramadan

Wajah Masjid Raya Mujahidin tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penampilannya lebih besar dan gagah. Demikian karena sedang berlangsung megaproyek rehabilitasi masjid dengan dana mencapai belasan miliar rupiah.
Dalam rangka menyongsong dan mengisi bulan suci Ramadan yang jatuh pada medio September 2007 ini, Mujahidin sebagai Islamic Center di Kalbar menyiapkan sejumlah agenda yang tak tanggung-tanggung. Terdapat 17 mata acara.
Gubernur H Usman Ja’far selaku Ketua Umum menyatakan seluruh rangkaian acara itu sebagian besar bersifat sosial, sebagian besar bersifat rutin. “Kita ingin membangun spiritual yang tak lepas dengan aspek sosial,” ungkapnya.
Usman Ja’far menyatakan semua rangkaian acara itu ditangani oleh Ketua Harian yang dipimpin dr H Buchary A Rachman yang juga Wali Kota Pontianak. “Marhaban ya Ramadan. Kita akan makmurkan masjid dengan sejumlah kegiatan. Namun dari belasan acara itu kembali pada masing-masing muslim dan muslimat, shoimin dan shoimat untuk mengisi serta mencapai predikat takwa,” ungkapnya.
Buchary mengatakan, masjid hanyalah media tempat belajar dan beribadah. Beribadah dalam dimensi yang luas. “Secara teknis semua acara itu ditangani oleh takmir masjid,” ungkapnya.
Pengurus harian Yayasan Mujahidin, HM Nur Hasan ketika ditemui di Kantor Yayasan ditemani Mawardi Mas’ud menjelaskan ke-17 acara menyambut dan mengisi Ramadan tahun ini (lihat tabel).
“Kegiatan kami non stop. Semua itu kita persembahkan kepada masyarakat agar aspek spiritualnya meningkat, begitupula tanggungjawab sosialnya,” katanya.
Mawardi Mas’ud mengungkapkan dalam menyambut Ramadan dibagikan 2 ribu paket bahan makanan kepada keluarga yang tidak mampu. “Distribusinya di kantong-kantong daerah miskin perkotaan,” ujarnya.
Bagi masyarakat yang berhak menerima namun belum ketiban rizki langsung diminta untuk berkoordinasi dengan panitia di Yayasan Mujahidin. “Kita menyalurkan dana Zakat Infak dan Sadakah (ZIS) dengan cara yang sebenar-benarnya. Insya Allah sesuai amanah,” ungkapnya.
Ditambahkan HM Nur Hasan, bahwa dalam menyambut Ramadan, Masjid Raya Mujahidin bekerjasama dengan Indosat juga menggelar tablig akbar bersama Ustadz HM Subki Al Bughury pada Senin, 10 September 2007 pukul 19.00 hingga selesai di Mujahidin. “Kami mengundang jamaah untuk hadir,” imbuhnya. □


0 comments: