Minggu, 12 Agustus 2007

Merawat Suara, Meningkatkan Citra

Sisi Lain Deklarasi Koalisi Harmoni

Secara seremonial acara deklarasi Koalisi Harmoni berjalan sukses dan lancar. Sukses karena semua item acara yang direncanakan berjalan seperti yang diharapkan.
Lebih sukses dari sekedar penyelenggaraan adalah bahwa acara berjalan aman. Demikian karena massa yang terlibat tidak sedikit. Belasan ribu massa.
Sejak awal lapangan Taman Alun Kapuas yang digunakan sebagai tempat launching sudah terisi warga yang hendak menyaksikan acara. Terlebih acara launching ini juga menghadirkan artis-artis ibukota. Ada Denada, Thomas Jorghi dan Siti KDI.
Prihal jumlah massa yang hadir, dalam pandangan awam sudah cukup menunjukkan kekuatan UJ-LHK yang diusung 8 partai. Namun jumlah massa bukanlah ukuran suara dalam Pilkada secara signifikan sesungguhnya. Kita tak boleh silap mata dalam hal jumlah.
Jangankan data rerata nasional terhadap Pilkada, di Kalbar sendiri pun ada partai yang setiap kali menggelar acara selalu padat dan massif. Tapi masygulnya, dalam perolehan suara amat minim. Untuk duduk di DPR RI saja bahkan pupus.
Massa yang ramai hanya menyemarakkan dan menyemangatkan semata-mata. Massa yang ramai jangan segera membuat bangga. Massa yang sedikit jangan pula dikira figur yang diusung tak menarik minat publik. Belum tentu.
Berkenaan dengan kandidat gubernur Kalbar yang akan maju di Pilgub 2007 ini, semua mempunyai kans yang sama kuat. Ini tampak dari kantong-kantong massa yang dimiliki masing-masing. Sebutlah seperti Usman Ja’far-LH Kadir, HM Akil Mochtar-AR Mecer, Cornelis-Sanjaya, maupun Oesman Sapta, Buchary A Rachman hingga Henri Usman.
Yang terpenting dari para kandidat tentu saja adalah merawat kantong-kantong massa mereka. Caranya, massa di kantong suara itu jangan dikecewakan. Dan oleh karena itu janji-janji mesti ditunaikan. Jika kantong massa solid, dampaknya akan meluas.
Hal-hal sepele kadangkala menyebabkan sakit hati pemilih. Sakit hati sulit mencari obatnya. Ia bahkan bisa menjadi virus yang menyebar cepat. Dampaknya reputasi yang bagus menjadi merosot.
Sama halnya jika mereka terpuaskan. Reputasi yang kurang baik bisa meroket. Oleh karena itu tak jarang ada kandidat yang tak diperhitungkan tiba-tiba tampil sebagai pemenang.
Hal remeh temeh yang patut dicamkan para kandidat itu bisa berupa atribut yang dibagikan. Usahakan yang massa terima dalam kondisi bermutu. Penyampaiannya juga mesti bermutu.
Barang bagus jika cara memberikannya kasar, akan berakibat fatal. Sebaliknya, barang yang kurang bagus namun cara pemberiannya berempati, hasilnya masih lumayan.
Yang paling buruk tentu saja jika kualitas—sebut saja kaos--bermutu rendah, dus cara memberikannya juga terkesan menghina. Kalau begini lihat saja hasil akhirnya. Bisa-bisa calon “nyungkor”.
Cara-cara empati mesti dipikirkan para kandidat. Intinya adalah menarik hati pemilih. Hati mesti dipikat dengan hati pula.
Memikat suara dan meningkatkan citra mesti dimulai dari hal-hal kecil. Sebut lokasi tempat acara digelar. Jika seusai acara lokasi masih tampak bersih dan asri berarti pemimpin dan massa pendukungnya cinta akan kebersihan—ini akan menarik hati jutaan massa yang tak hadir di lokasi hajatan.
Hal lain tentu saja kata-kata dalam bicara, serta tingkah laku sehari-hari dalam keluarga, kerja dan bermasyarakat. Jika akhlak mulia, posisi yang bersangkutan tentu akan masuk ke komunitas yang mulia pula. □

2 comments:

ISAHI ENTERPRISE mengatakan...

Assalammualaikum & Salam Sejahtera

Tuan/Puan,

"BENGKEL MEMBAIK PULIH KOMPUTER"

Tarikh : Ahad, 06 JAN 2008
Waktu : 9:00 Pagi - 5:00 Petang
Tempat : Perpustakaan Sultanah Zanariah (PSZ),
Universiti Teknologi Malaysia (UTM),
City Campus, Jalan Semarak,
Kuala Lumpur

HARGA : RM245 Net (Perseorangan)
RM185 Net (Berkumpulan)

(Bayaran pendahuluan sebanyak RM130.00 dikenakan pada setiap peserta untuk membuat tempahan tempat (Perseorangan & Berkumpulan).Pembatalan tempat hendaklah dilakukan sebelum 20hb DEC 2007,jika tidak wang pendahuluan tidak akan dikembalikan)

Jumlah Posisi: Terhad Hanya Untuk 20 Peserta Sahaja
(Minum Pagi, Makan Tengahari & Minum Petang Disediakan.)
Tarikh Tutup Pendaftaran Khamis 23hb DEC 2007

Jika ada sebarang keraguan & kekeliruan atau inginkan maklumat lanjut mengenai bengkel ini sila hubungi saya:-

TEL : 012-225 4649 (En Syarizad)
EMAIL : ejat363@gmail.com / isahienterprise@yahoo.com
Website : www.computer-workshop.blogspot.com / www.createblogformakemoney.blogspot.com

Sekian,terima kasih.

ISAHI ENTERPRISE mengatakan...

INGIN MENAMBAH PENDAPATAN SETIAP HARI HASIL DARI TITIK PELUH ANDA SENDIRI!!!TIDAK MUSTAHIL JIKA ANDA BETUL-BETUL INGINKAN!!!

ISAHI ENTERPRISE

Assalammualaikum & Salam Sejahtera

Tuan/Puan,

PER: BENGKEL MEMBAIKI TELEFON BIMBIT

"BENGKEL MEMBAIKI TELEFON BIMBIT"

Tarikh : Sabtu&Ahad, 01hb - 02hb DEC 2007

Waktu : 8:30 Pagi - 6 :00 Petang

Tempat : Perpustakaan Sultanah Zanariah (PSZ), Universiti Teknologi Malaysia (UTM), City Campus, Jalan Semarak, Kuala Lumpur

HARGA : RM810.00 Net

PERCUMA : SIJIL PENYERTAAN,SEBUAH TELEFON BIMBIT DAN ALAT-ALAT MEMBAIKI (BLOWER,SHOULDER,MULTIMETER,BGA SET & TOOLS SET)

Jumlah Posisi: Terhad Hanya Untuk 20 Peserta Sahaja

(Minum Pagi, Makan Tengahari & Minum Petang Disediakan.)

Tarikh Tutup Pendaftaran Khamis 17hb NOV 2007

Untuk mendapatkan BORANG PENYERTAAN sila email atau hubungi saya di talian:-

EMAIL : ejat363@gmail.com / isahienterprise@yahoo.com

TEL : 012-225 4649 (En Syarizad)

Jika ada sebarang keraguan & kekeliruan atau inginkan maklumat lanjut mengenai bengkel ini sila hubungi:-

TEL : 012-225 4649 (En Syarizad)
017-361 8230 (En Haizul)
012-617 7444 (En Jasmi)

EMAIL : ejat363@gmail.com / isahienterprise@yahoo.com

WEBSITE : www.handphone-workshop.blogspot.com / www.createblogformakemoney.blogspot.com


Sekian,terima kasih.