Senin, 05 November 2007

Strategi Sukseskan Pilgub

Kapolda Kalbar, Brigjen Drs H Zainal Abidin Ishak memiliki startegi serta taktik sendiri dalam menyukseskan Pilgub. Ia menekankan profesionalisme.
“Kepolisian dalam proses hukum tidak memihak,” tegasnya.
Kapolda menekankan pihaknya berpihak kepada kepentingan umum seusai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku. ”Kami juga transparan dan terbuka. Tidak ada yang ditutupi karena masyarakat sudah tahu bagaimana polisi bekerja.”
Diakui Zainal, banyak yang belum paham mengenai jatidiri polisi tersebut. ”Karena jatidiri ini membuat tugas polisi itu spesifik dan khas. Kalau sama, untuk apa ada polisi,” jelas Zainal.
Perwira tinggi yang low profile ini menguraikan tugas khas polisi tersebut seperti bertugas 24 jam dan tidak kenal istirahat. ”Kalau sedang tidur ada laporan ya harus dilayani, kalau ada kecelakaan kebetulan lewat ya harus turun menanganinya. Selain itu juga kehadiran polisi di tengah-tengah masyarakat harus membawa rasa aman dan membangun rasa kepercayaan. Itu yang terus kita bangun di Polda Kalbar,” paparnya.
Polisi juga, kata Zainal sebagai crime hunter (pemburu kejahatan). ”Polisi itu pelayan masyarakat dengan mengedepankan pendekatan publik. Harus public service oriented (berpandangan pada pelayanan publik, red) bukan power oriented (berorientasi pada kekuatan).
Harus proses oriented bukan hasil ya seperti memeriksa orang jangan memaksa mengaku tetapi mengedepankan prosesnya seperti kita kumpulkan barang bukti dan saksi. Itulah khasnya tugas polisi. Dari situlah kita bangun Polda dengan membangun juga prilaku polisi yang mantap, ” jelasnya secara runut. 





0 comments: