Minggu, 28 Oktober 2007

Alasan Akil-Cornelis Tidak Hadir

Ketua KPUD, Aida Mokhtar, S.Ag, M.Hum wajar kecewa karena dua pasangan kandidat tidak hadir. Tapi ketidak-hadiran pasangan Akil Mochtar-AR Mecer dan Cornelis-Christiandy bukan tanpa alasan. Mereka menilai acara yang dihelat KPUD itu sudah terkategori kampanye di waktu bukan untuk kampanye.
Tim Akil Mochtar dikonfirmasi memberikan tiga alasan. Pertama soal kampanye di luar waktu kampanye. Kedua undangan yang diberikan KPUD via event organizer tergolong sangat mendadak di mana kandidat sudah punya jadwal. Ketiga, Akil Mochtar sedang berada di Kabupaten Sambas.
Cornelis berhalangan hadir di acara grand launching kampanye damai yang digelar KPUD karena pada hari Minggu (28/10) adalah minggu terakhir bulan Maria (dalam kalender agama Katolik. Bulan Maria jatuh pada Mei dan Oktober setiap tahunnya).
Terkait dengan persiapannya menghadapi kampanye dan pemilu Gubernur Kalbar 15 Nopember mendatang, Cornelis dan keluarga berziarah ke Gua Maria Anjungan (tempat ziarah umat Katolik Keuskupan Agung Pontianak) mengadakan misa sekaligus memohon berkat dari Bunda Maria dalam menghadapi pilkada tersebut.
Soal ketidakhadirannya di acara grand launching kampanye damai KPUD, Cornelis lewat ajudannya mengatakan selain memohon berkat kepada Bunda Maria, juga tidak ada kewajiban yang mengharuskan calon hadir dan itu tidak ada dalam UU atau peraturan yang mewajibkan tentang hal itu. □




0 comments: